About Me

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Metode Perawatan Kura-Kura

Kura-kura adalah hewan yang sangat menakjubkan yang dapat dijadikan sebagai binatang peliharaan. Mereka mungkin memiliki gerakan yang lambat, namun mereka sangatlah lucu dan mengagumkan. Sebelum membeli kura-kura, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara untuk merawat kura-kura dari kecil hingga dewasa. Memiliki kura-kura merupakan sebuah komitmen jangka panjang, dan mengetahui cara untuk merawatnya akan sangat membantu Anda.

1. Ketahui karakteristik seekor kura-kura sebelum Anda memilikinya. Apa itu kura-kura, bulus, dan penyu?
  • Kura-kura: Di Indonesia, kura-kura meskipun dapat hidup di darat dan di air tetapi mereka lebih banyak menghabiskan waktunya di air.
  • Bulus: Bulus atau di Indonesia dikenal juga dengan sebutan labi-labi adalah kebalikan daripada kura-kura, yang mana mereka lebih banyak menghabiskan waktunya di air tawar daripada di darat.
  • Penyu: Penyu sendiri sepenuhnya hidup di air laut, dimana hanya penyu betina saja yang pergi ke darat dan itu pun hanya untuk bertelur selama satu tahun sekali. 
2.Cari penjual yang berkualitas. 
Toko hewan peliharaan yang berkualitas akan dapat memberikan Anda kura-kura yang baik, namun mungkin Anda tidak akan menemukan jenis yang Anda inginkan. Oleh karena itu, tanyakanlah terlebih dahulu apakah mereka memiliki jenis kura-kura yang Anda inginkan atau tidak sebelum Anda pergi kesana. Anda juga dapat membeli jenis kura-kura yang Anda inginkan secara daring melalui perkumpulan pecinta kura-kura. 
3. Pastikan Anda memiliki cukup uang.
Kura-kura bukanlah hewan peiharaan yang berharga murah, baik saat Anda akan membelinya atau dalam perawatannya. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki cukup uang untuk membeli dan juga melakukan perawatan terhadap kura-kura yang akan Anda pelihara. 
 4. Pilihlah kandang yang sesuai dengan jenis kura-kura. 
Sebagai contoh:
 
  • Kura-kura darat: Kura-kura jenis ini memerlukan tempat kering namun juga harus tetap disediakan sedikit air. Air disini diperlukan untuk mengatur suhu tubuh mereka.
  • Kura-kura tropis: Kura-kura jenis ini memerlukan kandangan yang memiliki suhu hangat untuk tempat tinggalnya. 
  • Kura-kura air: Kura-kura jenis ini memerlukan kandangan yang terisi banyak air. Anda bisa membuat kandang untuk kura-kura jenis ini yaitu semacam akuairum. Namun Anda tetap harus juga menyiapkan sebuah daratan untuk tempat bermainnya.   
5. Pilih barang kualitas terbaik untuk mengisi kandang. 
  • Usahakanlah untuk memilih bahan-bahan untuk isi kandang dengan sesuai dengan jenis kura-kura yang Anda miliki. Berikut beberapa contoh yang mungkin akan Anda perlukan:
  • Di dalam ruangan: Jika Anda berencana untuk memelihara kura-kura dalam ruangan, Anda akan memerlukan sebuah kandang, sumber cahaya (lampu), batu-batuan, dan air untuk tempat berenang. Tanyakan kepada ahlinya untuk informasi lebih lanjut.
  • Di luar ruangan: Jika Anda akan memelihara kura-kura Anda dengan dibiarkan di kebun atau halaman, pastikan untuk menyiapkan sebuah kolam untuk tempat mereka berenang. Selain itu, siapkan juga sebuah rumah-rumahan untuk tempat tinggalnya. Jangan lupa untuk memagari area sekitar untuk menghindari kura-kura Anda kabur.
6. Berilah makanan yang tepat. 
Anda mungkin mendengar bahwa banyak sekali pilihan makanan untuk kura-kura. Anda dapat mencoba semua jenis makanan bagi kura-kura untuk mengetahui makanan mana yang paling baik, karena kura-kura termasuk hewan yang pilih-pilih dalam hal makanannya.
  • Di luar ruangan: Kura-kura darat umumnya adalah herbivora. Mereka senang memakan sayuran dan juga buah-buahan segar.
  • Di dalam ruangan: Kura-kura yang senang berada di alam terbuka umumnya adalah karnivora, namun mereka pun bisa juga menjadi herbivora. Berikanlah makanan berupa hewan-hewan kecil seperti udang, belalang, siput, cacing dll. Berikan juga sayuran dan buah-buahan sebagai makanan tambahannya.
  • Potong makanan menjadi bagian kecil; Usahakan untuk memotong makanan bagi kura-kura menjadi potongan kecil terlebih dahulu agar tidak menyulitkan kura-kura saat menyantap makanannya.
  • Dalam beberapa kasus, kura-kura Anda mungkin menyukai ikan beku yang di potong kecil-kecil. Mintalah saran kepada ahlinya untuk info lebih lanjut.
  • Ketahui makanan terbaik bagi jenis kura-kura yang Anda miliki; Kebutuhan makanan kura-kura akan berbeda sesuai dengan jenisnya. Oleh karena itu, pastikan Anda memberi makan kura-kura Anda sesuai dengan jenis kura-kura Anda tersebut.
Perhatikan bahwa kura-kura tidak perlu diberi makan setiap hari. Berikan makanan kepada kura-kura Anda hanya 3 hingga 4 hari sekali, kecuali memang kura-kura Anda merupakan spesies khusus.
 
Jauhkan tangan Anda dari mulut kura-kura saat Anda memberikan makan. Gigitan kura-kura mungkin dapat menyebabkan tangan Anda terluka, jadi berhati-hatilah saat memberi makan kura-kura Anda. 

7. Bersihkan kandang setiap dua minggu sekali. Bersihkan kandang kura-kura Anda setiap dua minggu sekali, termasuk mengganti bebatuan dan juga air dengan yang baru. Bersihkan kandang dengan menggunakan sikat dan air hangat. Gunakan sabun dan disinfektan seperti pemutih pakaian untuk membersihkan kandang.
  • Cuci kandang secara menyeluruh. Pastikan kandang telah benar-benar kering sebelum Anda menggunakannya kembali.
  • Bersihkan juga kaca kandang kura-kura Anda.
  • Tempatkan kura-kura Anda di kandang lain selagi Anda membersihkan kandang utama

8. Ganti air dalam kandang setiap 2 hingga 3 hari sekali, kecuali jika Anda menggunakan saringan air. Jika Anda menggunakan saringan air, Anda dapat membersihkan kandang setiap 2 hingga 3 bulan sekali. Gunakan pemutih pakaian untuk membersihkan kandang dari ganggang dan lendir yang menempel.
  • Bersihkan saringan air secara teratur.
  • Ganti air minum setiap hari. Pastikan kura-kura Anda untuk minum air bersih setiap harinya.
  • Bersihkan sisa makanan 2 setelah dua hari. Bersihkan sisa makanan yang tidak dimakan, karena jika tidak hal itu akan menjadi sumber pertumbuhan bakteri. Selain itu juga, makanan yang membusuk akan menimbulkan bau yang tidak sedap.  
  • Bersihkan kotoran setiap hari. Hal ini penting untuk menjaga kehigienisan kandang kura-kura Anda. 
    Pastikan Anda mencuci tangan Anda sebelum dan sesudah Anda melakukan perawatan pada kura-kura Anda. Perlu diingat bahwa semua hewan dapat menularkan virus terhadap manusia, oleh karena itu pastkan Anda mencuci tangan Anda dengan sabun sebelum dan sesudah Anda memegang kura-kura Anda.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar